Selasa, 07 Juni 2011

POTENSI SEKTOR PARIWISATA



Di Kabupaten Sumbawa banyak terdapat destinasi wisata yang cukup menarik. Hanya saja belum tergarap secara maksimal, sehingga belum dapat menarik minat wisatawan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana pendukung (jalan akses, hotel, restaurant, dll) dan juga promosi. 

Tentu saja sangat dibutuhkan peran swasta (melalui investasi) untuk mengembangkan wilayah-wilayah potensial tersebut.


PANTAI TANJUNG MENANGIS
Wilayah ini memiliki nilai historis yang tinggi. Tentang cerita seorang putri yang menangis meratapi kepergian sang kekasih, sehingga pantai ini di namakan Tanjung Menangis.


Wilayah ini cukup luas untuk dikembangkan. Luasnya lebih kurang 2.500 Ha, panjang garis pantai ±14 km dan hanya berjarak 7 km dari kota Sumbawa Besar. Masuk ke dalam wilayah Kelurahan Brangbiji Kecamatan Sumbawa. Sangat dekat dengan P. Moyo (yang sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia) dan bila cuaca cerah, kita dapat menyaksikan sunset dan keindahan Gunung Rinjani dari sini.
Kondisi eksisting saat ini, lahan dikuasai oleh masyarakat dan dimanfaatkan sebagian untuk pertanian (jagung, kacang tanah, kacang hijau, dll) dan sebagian lagi belum termanfaatkan. Dari persfektif rencana tata ruang, kawasan ini di arahkan untuk kawasan pengembangan pariwisata.

1 komentar: